Jumat, 29 Juli 2011

Villa dengan Konsep Tradisional Lombok


Dalam Perencanaan yang mengusung konsep yang mengutamakan kesederhanaan suatu hunian yang nyaman, banyak diantara Arsitek mengusung tema tidak jauh dari konsep hunian di sekitar kawasan atau lokasi Villa tersebut. Dikarenakan adanya penyesuaian karakter lingkungan yang ada di sekitar kawasan tersebut. Tidak lepas dari itu konsep Villa yang berdasarkan dari asal tempat pembangunan Villa ini mengusung rumah tradisional Lombok terutama konsep dari bentuk atap yang berasal dari rumah tradisional Bayan yg berada di kawasan Lombok Utara. Tujuan dari konsep tersebut juga dikarenakan agar tetap mempertahankan bentuk asli dari rumah tradisonal Bayan.

Kemajuan dunia arsitektur kini yang banyak mengutamakan konsep minimalis atau moderen tidak menutup kemungkinan adanya penyelarasan suatu konsep bangunan tradisional untuk diangkat kembali menjadi suatu hunian yang tidak kalah dengan bentuk-bentuk hunian yang moderen saat ini. Kesan alamiah dari hunian Villa itu pun menjadi gambaran penting betapa pentinnya mempertahankan bentuk hunian asli dari kawasan itu, karena umumnya para wisatawan domestik maupun non domestik menyukai bentuk asli dari hunian Villa yang berada pada tempat tujuan wisata tersebut.
Konsep tradisional tersebut sangatlah penting karena menunjang kemajuan pariwisata daerah, yang nota bene harus mengembangkan potensi asli dari kawasan wisata itu sendiri. Agar para wisatawan dapat mengetahui secara langsung ke elokan dari hunian asli dari tempat tujuan wisata terutama Lombok. Ciri khas dari konsep tradisonal lombok itu terutama terletak dari bentuk konstruksi atap dan pemakaian materialnya. Umumnya material yang digunakan adalah material atapnya yang menggunakan alang-alang sebagai bahan penutup atapnya.
DENAH LANTAI 2
DENAH LANTAI 1
TAMPAK DEPAN
TAMPAK SAMPING KIRI
SITE PLAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar